Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci Dari Pemakaian Mesin Cuci

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci Dari Pemakaian Mesin Cuci – Setiap orang tentu mempunyai kesibukan mereka masing-masing, mulai dari bayi hingga orang tua semua sama. Aktifitas sehari-hari membuat pakaian menjadi kotor. Keringat bisa membuat pakaian menjadi bau. Salah satu solusi untuk menghilangkan noda kotoran dan juga bau keringat adalah dengan cara mencuci pakaian tersebut.
Baca juga artikel ini : Tips dan Cara Mengatasi Mesin Cuci LG Turbo Drum

Ada dua alternatif mencuci, yang pertama adalah dengan cara mencuci secara manual, dan yang kedua dengan menggunakan mesin. Ya, untuk mencuci secara manual mungkin sudah tidak asing lagi, karena semenjak jaman dahulu orang-orang sudah menggunakan metode ini. Untuk mencuci dengan mesin cuci, sudah mulai umum digunakan, meskipun hanya kalangan tertentu yang menggunakannya, selain karena faktor harga yang relatif mahal untuk ukuran ekonomi menengah kebawah, mencuci dengan mesin juga dibutuhkan daya listrik yang besar, sehingga tak semua rumah tangga mampu memenuhi syarat tersebut.

* Berikut kelebihan menggunakan mesin cuci :

  1. Lebih Efisien Terhadap Waktu

Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu, alias super sibuk. Mencuci memakai mesin cuci tentu akan lebih menghemat waktu Anda. Karena dengan adanya alat tersebut, Anda bisa mencuci dengan sambil mengerjakan pekerjaan yang lainnya. Terlebih jika Anda menggunakan mesin cuci satu tabung. Hanya dengan menekan tombol saja, pekerjaan mencuci Anda akan berjalan otomatis dengan sendirinya. Dengan fitur Quik Wash, Anda bisa mengatur seberapa lama mesin cuci tersebut akan selesai.

2. Hasil Cucian Bisa Langsung Kering

Bisa Anda bayangkan jika Anda hanya mempunyai satu seragam kantor, dan seragam tersebut harus Anda pakai besuk pagi untuk meeting. Sedangkan posisi pakaian itu saat ini masih kotor. Tentu jika Anda tidak memiliki mesin cuci, Anda akan panik seketika. Namun beda jika Anda menggunakan mesin cuci, dengan adanya fitur spin pakaian Anda bisa langsung kering beberapa menit setelah proses mencuci selesai. Terlebih lagi jika mesin cuci Anda sudah mendukung pengeringan langsung menggunakan panas. Pakaian langsung bisa Anda gunakan saat itu juga.

3. Membantu Menyelesaikan Pekerjaan Rumah

Kita tahu aktivitas seorang ibu rumah tangga tidak hanya mencuci saja. Memasak, mengurus anak sekolah, dan bersih-bersih rumah juga termasuk pekerjaan seorang istri. Tentu jika semua itu di kerjakan sendirian Anda akan merasa kecapekan. Oleh sebab itu, dengan adanya mesin cuci pekerjaan rumah Anda akan sedikit terbantu. Dengan Anda mencuci semua pakaian menggunakan mesin, maka satu pekerjaan rumah Anda sudah dibereskan. Dan Anda bisa mengerjakan pekerjaan yang lain yang belum terselesaikan. Tentu hal tersebut juga sedikit menghemat tenaga Anda bukan ?.

4. Mendapat Hasil Yang Lebih Maksimal

Dengan adanya wadah deterjen dan pewangi secara terpisah, tentu pewangi bisa meresap lebih optimal pada kain. Baik kain dari jenis katun maupun levis. Dan juga dengan fitur spin tadi, maka bekas deterjen dapat hilang secara penuh tanpa meninggalkan sisa. Tentunya hal tersebut dapat menghasilkan cucian lebih bersih dan wangi dibanding mencuci dengan tangan. Apalagi jika Anda menggunakan mesin cuci type front loading, tipe ini dipercaya sanggup menyelesaikan tugasnya dengan maksimal dibanding tipe lainnya.

5. Bisa Mencuci Pakaian Sebanyak Mungkin Secara Langsung

Seberapa jumlah pakaian yang ingin Anda cuci, bisa dikerjakan secara bersamaan dan selesainya pun juga bersama oleh mesin cuci. Namun jangan lupa untuk selalu memisahkan pakaian yang mudah luntur. Misalnya pisahkan untuk pakaian berwarna putih dengan yang lain. Hal yang harus Anda pertimbangkan juga yaitu mencuci sebanyak kapasitas yang ditentukan pada mesin cuci tersebut. Karena hal ini merupakan bagian dari langkah kita merawat mesin cuci supaya awet.

* Namun dari kelebihan diatas, Menggunakan mesin cuci ternyata juga memiliki kerugian seperti :

  1. Tagihan Listrik Menjadi Bertambah

Mesin cuci bisa berfungsi kalau ada daya listrik yang terhubung, tentu ini akan menambah pengeluaran Anda setiap bulan. Karena asumsi listrik yang dibutuhkan juga lumayan, yaitu untuk yang paling kecil saja 250 Watt. Tentu ini juga harus menjadi pertimbangan Anda. Terlebih lagi jika listrik di tempat Anda non subsidi. Oleh karena itu, pastikan juga daya listrik Anda mampu untuk mengoperasikan mesin cuci. Dalam kata lain tidak turun MCB nya walaupun dengan adanya satu alat elektronik tersebut.

2. Hasil Tidak Maksimal Untuk Tingkat Kotoran Yang Bandel

Kalau saja Anda seorang pekerja di kantoran, mungkin pakaian Anda tidak terlalu kotor. Namun lain halnya jika Anda kerja di bengkel yang tiap hari berurusan dengan oli dan lainnya. Atau mungkin Anda seorang petani yang setiap hari terkena lumpur tanah. Tentu untuk mencuci pakaian dengan tingkat kotoran tersebut tidak dapat maksimal jika menggunakan mesin cuci. Mungkin bisa lebih bersih jika di sikat menggunakan tangan.

3. Biaya Untuk Perbaikan Lumayan Mahal

Tidak bisa di pungkiri namanya barang elektronik pasti mengalami kerusakan. Jika Anda tidak bisa mengerjakan sendiri tentu akan menggunakan jasa orang lain bukan. Masih mending jika mesin cuci Anda yang dua tabung, karena harga spare part nya masih terjangkau. Lain ceritanya untuk mesin cuci tipe satu tabung, dengan tipe front loading yang semua alatnya tergolong mahal. Namun untungnya di sini saya bisa membantu Anda dengan biaya service yang relatif murah. Jika Anda berminat menggunakan tim kami, bisa langsung hubungi kontak kami.

4. Warna Pakaian Bisa Jadi Lebih Cepat Pudar

Hal ini sudah saya buktikan, ketika saya membeli baju baru dan saya cuci dengan mesin cuci. Ternyata warnanya lebih cepat berkurang atau pudar dibanding dengan saya mencuci menggunakan tangan. Terlebih untuk celana atau kaos berbahan karet, hasilnya akan lebih cepat melar. Ini artinya mesin cuci tidak bagus jika digunakan pada pakaian berbahan karet untuk jangka panjang.

Kesimpulan diatas, Memakai mesin cuci jika pakaian kita banyak dan tidak terlalu kotor dan kita tidak mempunyai banyak waktu. Akan tetapi juga tidak boleh jumlah pakaian yang kita cuci melebihi kapasitas mesin cuci tersebut. Namun ada kalanya kita tidak menggunakan mesin cuci jika pakaian kita terlalu kotor dan berbahan karet. Karena itu bisa jadi malah merusak baju atau pun pakaian kita.

Dari kelebihan tersebut, ada baiknya juga kita menggunakan mesin cuci. Karena dapat mengurangi beban pekerjaan rumah. Kalau masalah biaya, tentunya juga tidak kita ambil pusing. Selama kita merawat dengan baik dan menggunakan sesuai prosedur, kemungkinan kerusakan bisa kita hindari. Saran saya carilah mesin cuci yang benar-benar bagus kualitasnya. Anda bisa melihat dan membaca review nya terlebih dulu sebelum membelinya.

Demikian ulasan tentang Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci Dari Pemakaian Mesin Cuci dari saya, Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin dipertanyakan, Silahkan tulis dikolom komentar dibawah ini..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *